Senin, 10 Agustus 2015

Cara Membuat Artikel Paling Mudah bagi Pemula

Cara Membuat Artikel – apakah anda ingin belajar membuat artikel dengan mudah dan cepat? Anda sangat tepat sekali jika membaca artikel ini. Karena di sini saya akan menjelasakan kepada anda bagaimana cara membuat artikel dengan mudah.



Anda pasti sudah tau seberapa pentingnya artikel untuk blog. Artikel bisa di katakan sebagai unsur terpenting dalam sebuah blog. Karena blog belum bisa di katakan sebagai blog yang sebenarnya jika di dalamnya belum terdapat artikel.

Setiap blog memiliki artikel yang berbeda beda. Itu tergantung dari topik apa yang di bahas dalam blog tersebut. Walau terkadang banyak juga blog yang mencampur adukan isi blognya dengan berbagai jenis artikel tanpa fokus pada topik bahasan. Namun bagi saya itu bukanlah sebuah masalah. Malah bisa di bilang bagus karena banyak ilmu yang bisa di dapat dari satu blog itu saja.

Lalu, apakah anda ingin mengetahui bagaimana sih cara membuat artikel seperti yang pernah andaabaca pada blog ini maupun blog lainya? Yuk simak dengan baik caranya!

Cara Membuat Artikel


Pilih Tema Sebelum anda memulai untuk menulis artikel, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menentukan tema dari artikel yang akan anda tulis. Tema artikel sangat penting, supaya artikel anda jelas dengan apa yang akan anda bahas pada artikel tersebut.

Tema artikel ada banyak sekali, sesuaikan dengan pengetahuan anda dan kemampuan anda dalam menerangkan tema tersebut. Namun jangan sampai anda salah langkah ya, karena kabanyakan blogger pemula yang mencoba menulis artikel yang sedang popular. Tapi mereka tidak begitu tahu dengan apa yang akan di jelaskan dari tema tersebut. Bukanya tulisanya selesai, malah berantakan dan berhenti di tengah pekerjaan.

Tentukan Ide

Apakah anda sudah menentukan temanya? Sekarang tahap selanjutnya adalah mencari ide. Ide itu maksudnya apa ya? Ide adalah pokok bahasan mengenai apa yang akan anda tulis. Ini berguna supaya artikel yang akan anda buat sesuai dengan apa yang akan anda inginkan.

Contoh ide artikel seperti ini “Menulis Artikel” atau “Membuat Donat”. Nah, itu contoh ide yang bisa anda buat menjadi artikel.

Isi

Isi artikel tidak kalah penting dari tema dan ide. Isi artikel sebaiknya anda buat sepadat mungkin dengan informasi yang ingin anda sampaikan. Semakin padat informasinya maka akan semakin bagus artikel anda.

Tetapi hindari menulis isi artikel yang terlalu mengulang ulang hal yang sama, karena itu akan menciderai artikel anda.

Sisipkan Pesan


Setiap artikel, di sadari atau tidak pasti ada pesan utama yang di sampaikan oleh penulisnya. Entah itu pesan sederhana yang di sisipkan melalui artikel maupun yang di tujukan secara langsung di akhir artikel.

Sisipkan pesan anda melalui artikel yang anda buat. Guna menambah ciri khas artikel anda.

Menulislah


Setelah anda memahami beberapa hal di atas, yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Yaitu MENULIS. Buat apa anda mencari informasi sebanyak banyaknya, buat apa anda membaca artikel ini sampai selesai jika anda tidak memulai untuk menulis?

Mulailah menulis degan tema, ide yang telah anda tentukan. Jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan pernah mempedulikan tulisan anda yang acak acakan, yang penting anda menulis dahuli.

Tips Menulis Artikel

  • Guanakanlah gaya bahasa yang anda sukai
  • Menulislah seperti anda berbicara atau sedang menerangkan sesuatu kepada teman anda
  • Menulislah secara mengalir seperti air
  • Tulis sampai selesai dulu, WAJIB
  • Hindari mengedit tulisan saat anda sedang menulis

Editing


Editing adalah tahapan terpenting yang perlu anda lakukan, bacalah artikel yang telah anda buat, perbaiki kata kata atau kalimat yang menurut anda itu kurang pas. Jangan pernah ragu untuk membuang kalimat yang anda anggap itu tidak perlu.

Bagus atau tidaknya hasil artikel anda, anda bisa mengetahuinya saat melakukan editing artikel anda. Jika anda seorang pemula dalam menulis artikel. Maka jangan pernah malu dengan artikel anda yang kurang memuakan, karena saya yaki, apa yang anda lakukan adalah tahap pembelajaran, jika kurang bagus kan bisa di perbaiki pada artikel selanjutnya ^_^ yang penting MENULISLAH.

Publish


Publish adalah tahap terakhir yang harus anda lakukan, jika anda merasa artikel anda sudah siap untuk di baca banyak orang. Maka publishlah artikel anda.

Itulah Cara Membat Artikel yang bisa langsung anda praktekan. Jangan pernah lelah untuk terus belajar supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.



“ Jangan pernah takut untuk mencoba menulis artikel walau hasil akhirnya jauh dari kata sempurna, Karena kesempurnaan hanyalah milih Tuhan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar