Senin, 03 Agustus 2015

Kata Kata Bijak Tentang Kehidupan Sehari Hari 2016

Jangan pernah meremehkan kata kata bijak. Mungkin akan terdengar sepele namun jika kita mengucapkanya setiap hari maka maka efeknya akan sangat terasa. Kata kata bijak akan menyejukan hati, membuat kita berpikir lebih jernih dan positif. kata kata ini dapat memacu semangat seseorang untuk terus memperbaiki diri dan menatap masa depan lebih optimis. Mungkin Anda tek percaya, bahwa kata kata itu dapat merubah hidup seseorang. Dan postingan kali saya akan membahas tentang hal tersebut.



Kata kata bija sering muncul dari orang - orang hebat dan juga sukses dalam bidangnya. kata kata bijak atau motivasi muncul dari pengalaman pribadi dalam hal ini bisa baik juga bisa buruk. Saya pribadi masih terniang di telinga saya kata kata bijak yang diucapkan oleh Nuruddin Zanki " orang yang bersedih adalah orang yang belajar dengan dirinya sendiri, sedang orang yang berbahagia adalah orang yang belajar dengan orang lain ". Yang dimaksudkan di sini adalah untuk menjadi orang yang berbahagia adalah orang yang mau belajar dari pengalaman orang lain. Jadi kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama.

Selain dari pemimpin Islam yang baru saja saya singgung di atas, saya teringat dengan kata kata bijak dari uchiha Itachi. " Shinobi sejati tak pernah mencari kemuliaan, mereka melindungi dari balik bayang - bayang ". Maksud dari kalimat di atas adalah agar kita tidak boleh menuntut sebuah penghargaan atas pengorbanan yang telah kita lakukan. Biarlah tuhan yang akan membalasnya. Saat itu Itachi rela mati sebagai seorang penjahat demi melindungi nama baik keluarganya dan juga desanya.

Masih dari kata kata bijak tentang kehidupan dari Itachi. Yaitu

 “Semua orang hidup terikat dan bergantung pada pengetahuan atau persepsinya sendiri, itu disebut kenyataan. Tetapi pengetahuan atau persepsi itu sesuatu yang samar. Bisa saja kenyataan itu hanya ilusi, semua orang hidup dalam asumsi”. 


Kata ini benar - benar membuka mata saya tentang artinya perbedaan. Dan yang terpenting kita tak boleh memaksakan kehendak diri kita kepada orang lain. Terkadang yang coba kita paksakan kepada orang lain itu bukanlah pengetahuan namun hanyalah persepsi.

Salah satu tokoh lain yang banyak membuka mata saya tentang arti kehidupan, makna dari keadilan dan belajar memahami orang lain adalah Uzumaki Nagato. Ketika ia menyerang konoha ia selalu mengatakan bahwa Manusia itu butuh banyak penderitaan untuk bisa memahami orang lain. Dulu saya sangat suka meledek teman saya habis - habisan sampai ia benar - benar merasa sangat malu. Namun suatu ketika saya diledek ( Bully ) oleh banyak teman saya, hingga saya benar - benar merasa sangat marah dan malu. Sejak saat itu saya mencoba membayang perasaa  teman saya pernah saya ejek ( Bully ), Saya benar - benar menyesal telah mem Bully teman saya tadi.



Dan berikut adalah kata kata bijak tentang kehidupan dari Uzumaki Nagato :

"Aku hanya ingin melindungi mereka, walau harus menjalani penderitaan seperti apapun"

"Penderitaan membuatku semakin kuat dan berkembang"

"Aku sekarang bisa melihat segala sesuatu yang tidak bisa kulihat sewaktu aku masih menjadi manusia"

"Keadilanmu adalah membunuhku dan akatsuki, keadilanku adalah balas dendam terhadap konoha, semua ada latar belakang yang benar, lalu apakah kau dapat menjawab apa itu keadilan?"


"Kau hanya melihat pohon, bukan seluruh hutan. Kau tidak tahu apa arti Perdamaian yang sejati!". 
"Melalui kedamaian aku akan membawa keadilan". 
"Jika kau tidak berbagi rasa sakit dengan seseorang, kau tidak akan pernah memahami mereka". 
"Kematian yang tak berarti,Kebencian tanpa henti,Rasa sakit yang tak pernah berakhir, Itulah Perang"

"Keadilan tanpa adanya kekuatan adalah Hampa,tetapi kekuatan tanpa keadilan hanyalah berupa Kekerasan"

"Rasakanlah penderitaan, pikirkanlah penderitaan, terimalah penderitaan, kenalilah penderitaan, seseorang yang tidak mengenal arti penderitaan takkan mengenal arti kedamaian sejati"

"Jika balas dendam disebut keadilan, maka keadilan melahirkan dendam dan menjadi rantai kebencian" 
"Kita tak bisa menolong, tapi tahu bahwa orang itu tidak akan mengerti satu sama lainnya". 
"Aku membentuk akatsuki untuk mengakhiri kebencian". 
"Dalam dunia terkutuk ini, kedamaian dimana setiap orang saling mengerti hanyalah sebuah angan-angan". 
"Cinta melahirkan pengorbanan... yang akan melahirkan kebencian. Barulah kau mengerti akan penderitaan". 
"Selama manusia ada, benci juga akan ada". 
"Aku akan menghancurkan Kutukan itu. Jika memang ada hal yang bernama perdamaian, aku akan menemukannya!" 
"Keyakinan adalah lebih baik dari rencana apapun". 
"Seseorang yang tidak tahu apa itu rasa sakit, tidak akan tahu apa itu kedamaian sejati"

Kata Kata Bijak Naruto


Jika Saat artikel ini di tulis Anda sering nonton acara di Global TV jam 17:00, maka saya sangat yakin kalau Anda  bahwa Anda mengetahui serial anime jepang yang satu ini. Dulu saya berpikir kalau ini cuma serial anak - anak biasa. Namun ternyata saya salah sangka, anime ini banyak memberikan pelajaran tentang kehidupan. Banyak hal yang baru " Ngeh " setelah melihat serial yang menceritakan ninja orange yang satu ini.

Anda jangan salah sangka dengan saya, anime jepang lain juga banyak yang bagus, dan tak lupa komiknya, seperti Crows, Crowsxwort, samurai x, Slam Dunk, Hunter x Hunter, dan masih banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan sau persatu.

Momen yang membuat saya sadar akan pesan kehidupan yang telah di sisipkan di dalamnya, Adalah ketika Pain menyerang Konoha. Saat itu yang di semua orang konoha beranggapan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh pain itu adalah sebuah kejahatan. Namun Pain menjawab dengan tenang bahwa apa yang ia lakukan hanyalah menuntut keadilan. Dulu sewaktu perang dunia ninja ke 3 berlangsung, banyak negara - negara besar berperang termasuk konoha. Dan desa - desa kecil dijadikan medan perang. Sehingga penduduk desa - desa itu menjadi menderita banyak anak menjadi yatim piatu karena orang tuanya tewas. Dan ia termasuk anak - anak itu. Saat itu suasana sangat kacau dan di landa bencana kemiskinan, sehingga tidak ada yang mau merawat anak - anak korban perang. Banyak anak - anak mati karena kelaparan.

Ketika ia dewasa ia pun menuntut keadilan ke konoha. Ia mengatakan kepada Naruto, bahwa keadilan yang kau bela selama ini, hanya keadilan untuk konoha. Apakah hanya konoha yang boleh menuntut keadilan sedangkan desa - desa kecil tak boleh memiliki keadilan. Kau untuk keadilan mu dan aku untuk keadilan ku, sebenarnya kita sama yaitu manusia yang penuh kebencian yang mengatas namakan keadilan.

Ini memang sulit, ketika kita sudah berpikir membela kebenaran. Apakah kita sebenarnya hanya membela kebenaran untuk kita, dengan tanpa memperdulikan kebenaran orang lain. Sejak saat itu saya benar jatuh cinta dengan anime Naruto. Sosok tokoh Naruto sendiri sangat saya kagumi. Ia terus bercita - cita untuk menjadi hokage. Bagi Naruto seorang Hokage adalah orang yang berjalan paling terdepan untuk menanggung semua penderitaan. Dan Dibawah ini adalah kutipan kata kata dalam anime Naruto :

1. “Aku hanya ingin melindungi mereka, walau harus menjalani penderitaan seperti apapun” (Nagato Uzumaki, Chapter 373)

2. “Aku harus percaya pada diriku sendiri, percaya bahwa aku adalah orang yang mereka percaya” (Naruto Uzumaki)

3. “Aku tersesat di jalan yang bernama kehidupan” (Kakashi Hatake)

4. “Aku tak akan menarik kembali kata-kataku, karena itulah jalan ninjaku” (Naruto Uzumaki)

5. “Selemah apapun musuhku, aku tidak akan meremehkan mereka” (Aburame Shino)

6. “Suatu hari aku ingin menjadi sesuatu yang berharga bagi orang lain”. (Gaara)

7. “Seni itu adalah sesuatu yang rapuh, yang menghilang dalam sekejap” (Deidara)

8. “Shinobi yang melanggar aturan memang disebut sampah, tetapi shinobi yang meninggalkan sahabatnya lebih rendah dari sampah” (Obito Uchiha)

9. “Sepertinya aku harus meninggalkan Konoha demi menyelamatkan Konoha” (Jiraiya)

10. “Manusia tak kan pernah bisa menang dari rasa kesepian” (Gaara)


11. “Kau lemah, kenapa kau lemah??? Soalnya kurang sesuatu, yaitu kebencian” (Itachi Uchiha)

12. “Kemampuan individu seorang ninja memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah kerjasama tim” (Kakashi Hatake)

13. “Ada Orang Yang Jauh Lebih kuat yang pernah mengalahkanku! Dia orang yang tak pernah putus asa!” (Neji Hyuga)

14. “Shinobi bukan dilihat dari cara hidupnya, tetapi bagaimana ia mati” & kehidupan Shinobi dinilai bukan dari bagaimana menjalaninya, tetapi dari apa yang sudah dilakukannya” (Jiraiya)

15. “Semua orang hidup terikat dan bergantung pada pengetahuan atau persepsinya sendiri, itu disebut kenyataan. Tetapi pengetahuan atau persepsi itu sesuatu yang samar. Bisa saja kenyataan itu hanya ilusi, semua orang hidup dalam asumsi” (Itachi Uchiha)

16. “Kau gagal tetapi masih bisa mampu bangkit kembali, karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya” (Hinata Hyuuga)

17. “Aku akan menolongnya meski harus mengorbankan nyawa karena dia adalah temanku” (Shikamaru Naara)

18. “Ninja Yang Paling Buruk adalah Ninja Pengkhianat Desa… Ninja Yang Lebih Buruk Dari Ninja Pengkhianat Desa Adalah Ninja Yang Membiarkan Temannya Dalam Bahaya….!!!” (Kakashi Hatake)

19. “Jangan tarik kata katamu.. sekalipun itu akan membawamu kepada kehancuran.. karena kau laki laki, dan itu adalah jalan ninjamu.. (Naruto Uzumaki)

20. “Aku lebih menyayangi sasuke sebagai temannya, melebihi kau yang saudaranya sendiri” (Naruto Uzumaki)


21. “Kalau rasa keadilanmu menurun berarti kau melemah, dibawah rasa keadilan tidak ada kelemahan apapun!” (Kakashi Hatake)

22. “Kegagalan juga menyenangkan, hidup dengan kepercayaan bahwa cobaan itu berguna untuk menempa diri sendiri” (Jiraiya)

23. “Seseorang akan menjadi kuat apabila melindungi seseorang yang dicintainya” (Haku)

24. “Aku hanya ingin hidup seperti awan. Bebas, dan tenang. Ketika aku tua nanti, aku mempunyai seorang istri dan mempunyai 2 anak, satu laki-laki dan satu perempuan, lalu aku meninggal duluan, dan begitulah kehidupanku berlangsung. Sayangnya semua tidak semudah itu, merepotkan sekali!” (Shikamaru Nara)

25. “Aku sekarang bisa melihat segala sesuatu yang tidak bisa kulihat sewaktu aku masih menjadi manusia” (Pain)

26. “Jalan hidup seorang murid adalah warisan dan estimasi dari sang guru” (jiraiya)

27. “Saat kau mengenal kasih sayang , kau juga menanggung resiko kebencian” (Itachi Uchiha)

28. “Keberuntungan juga merupakan kekuatanmu” (Might Guy)

29. “Memanjakan dan mengasihani itu berbeda” (Captain Yamato)

30. “Ketika seseorang terluka, mereka akan belajar untuk membeci” (Jiraiya)

Dan kata kata bijak tentang kehidupan lainya datang dari sebuah film yang cukup populer yaitu Kingdom Of Heaven. Ini bisa jadi akan menjadi pelajaran yang baik bagi kita semua, agar lebih bertanggung jawab atas perbuatan kita, bukanya menyalahkan orang lain.

“Raja mungkin bisa menggerakkan rakyat, seorang ayah bisa akui seorang putra. Tapi ingat, bahkan jika orang itu berkuasa, jiwa mu adalah tanggung jawab mu. Saat berdiri di hadapan Tuhan tak bisa bilang kau disuruh orang.”

Dan dibawah ini adalah kumpulan kata kata bijak lainya yang saya kupulkan dari Internet :

Nikmatilah hidup selama anda masih memilikinya dan terus belajar untuk bersyukur dengan keadaanmu.
Setinggi apapun ilmu agamamu, kau akan tetap sulit melangkah jika hatimu penuh dengan kerapuhan
IMPIAN memang tidak menjamin kesuksesan , tapi tanpa Impian jangan pernah Mimpi bisa sukses.
Semakin lama kejujuran total tertunda, semakin banyak juga tumpukan beban pikiran, rasa bersalah, serta ketakutan yang menghalangi kita.
Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu, karena merekalah yang buatmu semakin kuat setiap hari.
Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia mulai bersikap dewasa.
kebesaran seseorang tidak diukur dari kekuatannya, tapi diukur dari bagaimana dia berdiri tegap setiap kali dia terjatuh.
Jadi dirimu sendiri agar ketika seseorang mencintai, kamu tak perlu takut jika dia akan temukan dirimu bukan orang yang ingin dia cintai.
Perasaan yang paling berbahaya adalah iri, karena iri hati melahirkan kebencian dan kebencian akan membunuhmu perlahan.
Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya.
Jangan berbahagia atas apa yang kita dapat, tetapi berbahagialah atas apa yang bisa kita bagikan.
Jangan selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak.
Hidup terlalu singkat jika hanya menyesal. Hidup hanya sekali, namun jika digunakan dengan baik, sekali saja cukup!
Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan bahwa kamu adalah kamu. Jadi dirimu sendiri.
Orang yang bijak adalah yang tahu siapa yang harus dia percaya. Orang yang lebih bijak adalah dia yang selalu bisa dipercaya.
Sadarilah, mengeluh tidak menyelesaikan apapun. Mengeluh hanya akan menambah beban dihati. Berhentilah mengeluh, segera bertindak!
Jangan jadikan kegagalan kemarin sebagai penghambat hari ini. Semangat untuk membuat hari esok lebih baik, melalui hari ini.
Perbuatan adalah cerminan isi hati. Jika hati dipenuhi kebaikan, maka sikap dan tindakan akan baik, pun sebaliknya.
Orang yang malas telah membuang kesempatan yang diberikan Tuhan, padahal Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.
Jangan nilai orang dari masa lalunya karena kita semua sudah tidak hidup di sana. Semua orang bisa berubah, biarkan mereka membuktikannya.
Jadikan kepandaian sebagai kebahagiaan bersama, sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas tuk bersyukur atas kesuksesan.
Kadang kamu harus buat keputusan tuk mengalah, atau kamu akan kehilangan dia yang kamu cinta hanya karena kamu keras kepala.
Dalam cinta, ketika ada yang berbeda, jangan mencari siapa yang salah, karena kamu dan dia adalah tim yang sama dengan tujuan yang sama.
Orang yang bisa mengendalikan emosinya adalah pemenang hidup sejati.
Pengalaman bukan apa yang terjadi pada Anda, melainkan apa yang Anda lakukan atas apa yang terjadi pada Anda.
Sebenarnya tantangannya bukan me-manage waktu tapi me-manage diri kita sendiri.
Anda mengetahui apa yang sharusnya tidak dilakukan ketika Anda "gagal". Jadi Anda menciptakan pengetahuan baru dan itu bukan kegagalan.
Lebih mudah melakukan sesuatu dengan benar daripada menjelaskan mengapa Anda tidak melakukannya dengan benar.
Seringkali kamu ragu untuk mengucapkan apa yang ada dihatimu karena kamu tidak yakin dia akan mendengarkanmu.
Segala kegembiraan yang ada di dalam dunia ini datang dari tindakan kita untuk mementingkan orang lain.
Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai.
Pria, Jika wanita marah, ajaklah dia berbelanja atau ke salon. Niscaya amarahnya langsung hilang.
Meski disakiti berkali-kali, wanita bijak tetap bisa memafkan dan semakin tegar seperti batu karang.
Makanan enak yang ditawarkan ke pria yang sedang marah, akan memedam amarahnya.
Menangis mungkin bukan solusi tapi terkadang dapat menjadi obat penenang.
Wanita bijak seperti angsa diatas air. Anggun namun tetap bekerja. Tetap tegar meski terluka.
Jangan pikirkan kegagalan kemarin, hari ini sudah lain, sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat.
Hati yg penuh syukur bukan saja merupakan kebajikan yg terbesar, melainkan merupakan induk dr segala kebajikan yang lain.
Wahai Yang Maha Lembut,manjakanlah hatiku yang sendiri ini, bahagiakanlah aku dalam pernikahan yang penuh cinta, yang mesra, yang setia.
Wahai Yang Maha Cinta, sandingkanlah aku dengan jiwa pilihan-Mu, yang karena kebaikanku - baikkanlah ia, tapi jika ia lebih baik - baikkanlah aku.
Bukan kemiskinan yang merendahkan, tapi hati yang menistai kebaikannya sendiri.



Tak banyak memang yang bisa saya tulis disini. Namun begitu saya tetap berharap bahwa yang telah saya bagi pada postingan kali ini dapat membuat Anda menjadi lebih baik. Ini adalah blog TLD pertamaku yang akan saya merawat sebaik - baiknya. Jika artikel saya dirasa menarik silahkan share di social medial yang biasa Anda gunakan. Mungkin saja ada teman Anda yang membutuhkan artikel yang telah saya tulis hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar