Minggu, 02 Agustus 2015

8 Persiapan Kehamilan Pertama Maupun Anak ke Dua Yang Perlu Anda Ketahui

Persiapan kehamilan pertama adalah hal yang sangat penting. Kita harus merencanakannya sebelum massa kehamilan itu sendiri. Dan berikut ini adalah 8 hal penting  yang harus Anda persiapkan sebelum massa kehamilan :



1. Mengubah Gaya Hidup

Sebelum Anda merencanakan kehamilan, ada baiknya Anda daftar mengenai hal - hal yang akan anda lakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil.

2. Pantau Berat badan.


Berat badan yang terlalu berlebih akan mempengaruhi kesuburan kandungan. Begitu pula jika berat badannya kurang. Makanlah makanan yang memiliki gizi yang cukup dan seimbang. Tak lupa lakukan Olah raga secara teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal. Dan Mulailah untuk mengurangi makanan yang mengandung lamak yang tinggi dan kadar gula yang tinggi pula. Kurangi pula menkonsumsi makanan olahan.

Idealnya ketika Anda telah mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, maka Anda tidak memerlukan lagi asupan vitamin. Namun apabila Anda masih merasa membutuhkan asupan supplemen. Anda harus bisa memastikan bahwa vitamin yang akan Anda konsumsi tersebut cocok untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa kebanyakan suplemen vitamin yang ada sekarang banyak mengandung vitamin A. Dan vitamin A dengan dosis yang terlalu tinggi dapat membahayakan.

3. Memperhatikan Penggunaan Obat


Ada baiknya Anda mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu ketika Anda akan mengkonsumsi obat ketika sedang merencanakan kehamilan. Karena Ada beberapa obat yang memiliki efek menurunkan tingkat kesuburan kandungan. Begitu pula jika baru - baru ini Anda baru saja berhenti meminum pil KB. Biarkan tubuh Anda netral dulu selama beberapa bulan, barulah Anda mulai merencanakan kehamilan. Dan tidak lupa selalu konsultasi dengan Dokter.

4. Melibatkan Peran Suami


Tak hanya calon ibu saja yang harus melakukan pola hidup sehat. Akan tetapi  calon ayah juga harus melakukan hal yang sama. Bujuk sang suami  untuk mulai berhenti merokok. Ini mungkin sangat sulit, namun ini semua demi mewujudkan kehamilan yang sehat.

5. Sebisa Mungkin Jaga Pikiran Agar Tidak Stress.


Kehidupan modern saat ini, sangat rentan untuk menimbulkan stress. Ketahuilah bahwa dengan memilki tubuh dan pikiran yang releks akan lebih mudah mewujudkan kehamilan yang sehat yang telah Anda dambakan.

6. Jaga Pikiran Dan Tubuh Tetap Rileks.


Seperti yang telah saya katakan sebelumnya Tubuh dan pikiran yang rileks merupakan hal yang penting. Jangan selalu beranggapan bahwa hubungan suami istri adalah usaha untuk mendapatkan bayi. Karena pikiran tersebut dapat memberikan tekanan pada pikran Anda yang dapat membuat Anda stress. Serahkanlah kepada tuhan yang maha ESA, karena ia lebih tau apa yang terbaik bagi kita.

7. Mempersiapkan Keuangan Anda.


Selam ataupun sebelum massa kehamilan, mempersiapkan keuangan itu adalah hal yang sangat penting. Tentu kita semua tahu bahwa selama masa kehamilan dan sampai nanti persalinan akan membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit. Ketika nanti pada masa kehamilan asupan gizi , suplemen ataupun susu akan sangat diperlukan untuk meningkatkan kondisi kesehatan sang ibu dan juga janin yang terkandung di dalamnya. Dan untu memenuhi semua itu uang akan " berbicara " banyak. Terlebih ketika massa persalinan tiba. Jika Anda tidak mempersiapkan sedini mungkin, bisa jadi Andalah yang akan kualahan nantinya.

8. Makanan Dan Minuman Yang Sehat.


Makanan dan minuman yang sehat yang saya maksud disini adalah yang mengandung mineral dan juga vitamin. Dan termasuk didalamnya adalah vitamin C yang penting untuk bisa menghasilkan sperma yang sehat bagi sang suami. Jika Anda serius ingin merencanakan kehamilan. maka sedini mungkin bujuklah suami Anda untuk banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Zinc. Dan makanan itu adalah makanan laut, daging, telur dan tak lupa roti gandum. Dan sebaiknya kurangi minuman yang mengandung kafein.

Semua tips yang saya berikan kepada Anda, saya peroleh dari buku "275 tanya jawab seputar kehamilan dan melahirkan". Semoga Artikel persiapan kehamilan pertama dapat bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar