Minggu, 02 Agustus 2015

8 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang perlu Anda Ketahui

Melanjutkan postingan sebelumnya yang membahas tentang persiapan kehamilan. Kini saya selaku admin blog ini akan membahas tentang Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang perlu Anda Ketahui. Mengetahui sedini mungkin bahwa Anda sedang hamil tentu adalah hal yang sangat baik. Jadi kita bisa menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Dan berikut adalah 8 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang perlu Anda Ketahui



1. Terlambat Datang Bulan


Terlambat datang bulan adalah tanda yang paling umum digunakan untuk mendeteksi sebuah kehamilan. Akan tetapi,  tidak semua wanita yang terlambat datang bulan itu sudah pasti hamil. Terlambat datang bulan bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain karena stress, diet atau gangguan hormonal.

2. Terjadinya Perubahan Pada Payudara.


Tanda - tanda kehamilan lainya yang cukup umum adalah payudara kesemutan atau nyeri. Umumnya payudara wanita yang sedang hamil akan membesar. Ini terjadi dikarenakan adanya peningkatan produksi hormon esterogen dan progesteron. Biasanya payudara wanita yang sedang hamil akan mengisi dan berubah bentuk. Hal ini dikarenakan ia sedang mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Pada saat itu payudara akan menjadi sensitif, dan kadang terasa sakit ketika dipegang. Sedangkan warna pada puting susu akan berubah menjadi semakin gelap dan cenderung gatal. Dikarenakan adanya penegangan pada payudara maka pembulu vena akan semakin terlihat.

3. Berubahnya Bentuk Tubuh.


Tentu saja perut kian lama akan kian membesar. Namun tak hanya perut saja yang bertambah besar. Bokong, dada dan lengan akan ikut membesar.

4. Munculnya Bercak Merah atau Flek Dan diikuti dengan Kram Perut.


Biasanya bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Terjadi antara 8 - 10 hari setelah ovulasi. Menempelnya Embrio pada dinding rahim inilah yang membuat bercak darah ini muncul. Munculnya berca darah ini kadang orang mensalah artikan sebagai menstruasi.

Salah satu keluarnya bercak darah imi kadang di ikuti adanya kram yang terjadi pada perut. Krma perut pada masa kehamilan biasanya terjadi secara teratur. Kram perut yang terjadi ini akan terjadi sampai masa kehamilan trimester kedua. Sampai letak uterus berada di posisi tengah dan disangga oleh panggul.

5. Adanya  Rasa Mual Dan Muntah.


Seperti yang terjadi di film - film, ketika ada seorang wanita yang sering mual dan ingin muntah sering di anggap sedang hamil. Peningkatan Hormon HCG ( Human Chorionic Ghonadotrophin) membuat rasa mual dan ingin muntah, saat masa kehamilan. Persentasenya sekitar 50% orang yang hamil akan mengalami hal ini. Peningkatan hormon HCG ini akan menimbulkan rasa perih pada dinding perut dan hal inilah yang terjadinya rasa mual didalam perut. Namun Anda tak perlu cemas rasa mual dan muntah akan menghilang sendirinya saat memasuki masa trimester kedua kehamilan.

6. Sering Buang kecil.


ketika masa kehamilan menginjak 2 minggu, wanita yang sedang hamil akan sering buang air kecil. Penjelasannya adalah janin yang tumbuh didalam rahim menekan kandung kemih sehingga mengakibatkan adanya  peningkatan sirkulasi darah. Selain itu kandung kemih lebih cepat dipenuhi air urine dan mendorong untuk buang air kecil.

7. Pusing dan Sakit kepala.


Gangguan pusing kepala ini di akibatkan oleh faktor fisik, rasa lelah, lapar dan juga tekanan darah rendah. sedangkan rasa emosional yang terjadi itu dikarenakan adanya tekanan dan depresi. Karena kini berbadan dua maka kebutuhan darah meningkat sehingga suplai darah ke otak menjadi berkurang, hal ini lah yang mengakibatkan terjadinya rasa pusing.

8 Sakit Punggung. 


Ketika belum hamil Anda belum pernah mengalami masalah dengan punggung Anda. Jika Anda telah dipastikan positif hamil dan merasakan nyeri pada punggung, maka rasa nyri ini akan tetap ada hingga Anda melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar